• Kontak Kami
  • Hotline : 081233039479
  • SMS : 085735119071
  • BBM : DAE4B13C

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Tutorial Penggunaan Kertas Decal yang Baik dan Benar

Tutorial Penggunaan Kertas Decal yang Baik dan Benar

Diposting pada 14 April 2018 oleh Yoni Prawardayana

Ada yang belum tahu Kertas Decal? Kertas Decal adalah salah satu produk unggulan Homedia yang paling laris di pasaran. Kertas Decal berfungsi untuk memindahkan gambar atau hiasan ke dalam mug, gelas, cangkir, mangkuk, serta media lainnya.

Bingung dengan penjelasan saya? Hahaha. Coba Anda perhatikan mangkuk tukang bakso. Biasanya, mangkuk tukang bakso bergambar ayam jago, kan? Pernahkah Anda berpikir, bagaimana caranya ayam jago itu bisa “bertengger” atau “nongrong” di mangkuk bakso? Apakah dilumuri lem begitu saja? Rupanya tidak. Ternyata, gambar ayam jago di mangkuk bakso itu ditempelkan menggunakan sebuah alat. Salah satu alat tersebut adalah Kertas Decal.

Nah, pada artikel ini, Homedia akan mengajari Anda tentang dasar-dasar penggunaan Kertas Decal yang baik dan benar. Setiap langkah-demi langkah yang dibahas dalam tutorial ini segaja dibuat secara detail agar Anda cepat paham dan mengerti. Harapannya, artikel ini bisa membantu Anda yang masih awam dengan penggunaan Kertas Decal. Apakah Anda sudah tidak sabar? Hahaha. Selamat membaca.

1. Pertama-tama, pilihlah Kertas Decal sesuai dengan jenis tinta printer Anda (untuk lebih mengetahui tentang jenis-jenis tinta printer beserta Kertas Decal yang sesuai, silakan baca artikel di sini). Pada tutorial kali ini, Homedia menggunakan Kertas Decal yang sedang populer saat ini, yaitu Kertas Decal untuk tinta jenis Dura Ultra.

2. Sebelum mencetak gambar ke dalam Kertas Decal, pastikan untuk mengubah pengaturan kualitas cetak menjadi “High Quality”. Hal ini perlu dilakukan agar hasil cetak lebih tajam.

3. Pastikan bahwa Anda tidak keliru menempatkan Kertas Decal ke dalam printer Anda. Permukaan Kertas Decal yang akan digunakan untuk mencetak adalah permukaan yang kilap (glossy).

4. Setelah gambar berhasil dicetak, lakukan Coating Clear. Coating Clear adalah sebuah istilah yang mengacu pada tindakan pemberian lapisan ke permukaan gambar pada Kertas Decal. Coating Clear dilakukan dengan cara menyemprotkan pylox clear ke permukaan gambar. Lakukan penyemprotan pylox clear ini secara merata di permukaan gambar. Sebaiknya, penyemprotan ini dilakukan secara tiga tahap agar hasilnya lebih bagus. Oh ya, jangan lupa untuk memberikan alas pada Kertas Decal sebelum melakukan tindakan Coating Clear. Alas yang dimaksud adalah kayu triplek. Selain itu, ujung Kertas Decal juga harus diberi selotip agar Kertas Decal tidak berhemburan ketika sewaktu-waktu ada angin yang berhembus.

5. Jemur Kertas Decal di bawah terik matahari selama dua jam. Dua jam adalah durasi penjemuran yang disarankan agar mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Setelah dijemur, gunting gambar menjadi beberapa bagian.

7. Rendam gambar yang telah digunting ke dalam wadah yang berisi air. Diamkan dan tunggu beberapa saat.

8. Tekan dan geser permukaan kertas untuk memisahkan antara gambar dengan permukaan kertas bagian bawah. Dalam dunia percetakan, tahapan ini biasa disebut dengan istilah “proses transfer”.

9. Sebelum ditempelkan ke media, pastikan untuk membasahi permukaan media dengan air secukupnya.

10. Setelah itu, tempelkan gambar ke permukaan media.

11. Hilangkan gelembung-gelembung udara yang terperangkap di dalam gambar menggunakan rakel serta lap kering.

12. Setelah gelembung-gelembung udara telah hilang, masukkan media yang telah ditempeli gambar tersebut ke dalam oven. Panggang dalam suhu 150 derajat celcius selama 15 menit.

13. Ini adalah hasil akhirnya. Cantik, bukan?

HARAP DIPERHATIKAN 

1. Kertas Decal yang telah melalui proses Coating Clear harus segera digunakan maksimal 1 x 24 jam. Jika lebih dari itu, lapisan clear akan mengeras dan membawa dampak buruk bagi gambar.

2. Gaya penyemprotan pxlox clear harus diperhatikan dengan baik. Hindari melakukan penyemprotan dengan kaleng pxlox clear dalam keadaan tertidur. Saat melakukan penyemprotan, kaleng pxlox clear harus dalam keadaan berdiri. Hal ini perlu dilakukan agar sedotan yang memompa cairan dalam pxlox clear bisa dipompa secara merata.

3. Anda juga bisa menambahkan es batu saat merendam Kertas Decal yang telah diberi lapisan clear. Penggunaan es batu ini disarankankan terutama ketika durasi penjemuran Kertas Decal kurang dari dua jam.

4. Harap berhati-hati saat melakukan proses transfer. Kendala yang sering ditemukan di lapangan, gambar tertekuk saat dipisahkan dari permukaan kertas bagian bawah. Untuk menghindari hal tersebut, tekan gambar di bagian pinggir. Kemudian, tarik permukaan kertas bagian bawah.

5. Sebelum memanggang media ke dalam oven, periksa kembali permukaan gambar. Jangan sampai ada gelembung udara yang tersisa, karena hal tersebut bisa berdampak pada rusaknya gambar saat dipangang.

6. Pemanggangan dengan oven hanya bisa diaplikasikan ke media berbahan kaca atau keramik saja. Jika media yang digunakan berbahan plastik, gunakanlah Hair Dryer.

7. Jika Anda menemukan kendala saat menggunakan Kertas Decal, silakan konsultasi dengan kami kami via WA di 085735119071.

Bagaimana?

Apakah Anda sudah paham dan mengerti?

Segera praktikkan di rumah, ya?

Kami tak sabar untuk menantikan kreasi Kertas Decal Anda.

Terima kasih.

Salam Hangat Selalu,

Homedia

Bagikan informasi tentang Tutorial Penggunaan Kertas Decal yang Baik dan Benar kepada teman atau kerabat Anda.

Tutorial Penggunaan Kertas Decal yang Baik dan Benar | HOMEDIA

Belum ada komentar untuk Tutorial Penggunaan Kertas Decal yang Baik dan Benar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 58.000
Ready Stock / CSMS139
SIDEBAR