• Kontak Kami
  • Hotline : 081233039479
  • SMS : 085735119071
  • BBM : DAE4B13C

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Membuat Coating Mug digital Sendiri

Membuat Coating Mug digital Sendiri

Diposting pada 27 Mei 2016 oleh Homedia

Meskipun jamannya booming cetak digital  (coating mug) sudah menurun, tetapi saat ini peralatan dan bahan baku cetak digital (coating mug) semakin murah, termasuk cairan untuk coating mug digital. Apa saja yang bisa di coating? sebetulnya banyak. Tidak hanya Mug keramik (coating mug), piring keramik, pin, tegel keramik ( ceramic tile ), tetapi juga gelas, kaca, logam dan lainnya.
Asal tahu aja, pemakai mug coating di Jakarta dan kota lainnya kemungkinan memakai bahan baku mug yang dilapis dengan cairan coating produk Kami( hhmm, narsis ya? ). Untuk Jakarta saja setiap bulan saya kirim hampir 1000 liter ( 1 ton ) cairan coating mug. Mungkin anda tidak percaya? foto dibagian bawah artikel  ini sebagian resi dari pengiriman cairan coating, yang selalu saya nyatakan sebagai minyak cat atau cat pada penerima bagian pengiriman. Kalau saya katakan cairan coating pasti banyak tanya ini dan itu. Lebih baik saya katakan cat pasti mereka udah mengerti.

coating mug

Sekali lagi saya akan menguraikan cara melapis media dengan cairan coating.  Cairan coating ini tidak menggunakan pengeras ( hardener ) atau katalis. Sehingga bila anda memakai sedikit dan akan dipakai dikemudian hari, masih bisa. Meskipun dipakai berbulan kemudian, asal kemasan tertutup rapat.
Yang perlu anda siapkan:
1. Cairan coating
2. Thinner A Special: Thinner ini untuk mencairkan/mengencerkan cairan coating yang kental
3. Timba plastik: untuk tempat cairan coating
4. Saringan halus: untuk menyaring cairan coating supaya hasilnya halus dan bersih. Saringan harus halus benar, saya sarankan memakai kain screen ( kasa ) 90 T. Bukan saringan tepung.
5. Koran dan plastik: untuk tatakan mug setelah di celup
6. Oven untuk roti: untuk memperkuat/ mengeraskan  dan mengeringkan lapisan coating
Campur cairan coating ( 1 liter) dan Thinner A Special ( 1 liter ) atau 1:1. Aduk sampai rata. Masukkan ke wadah timba plastik yang disesuaikan dengan kebutuhan, kalau pemakaian banyak memakai timba plastik yang besar, kalau sedikit pakai timba yang kecil. Masukkan 1 mug kedalamnya sebagai ukuran selanjutnya. Tuang Cairan sebatas 2-3 mm dari bibir mug. Angkat mug, letakkan diatas koran yang sudah anda siapkan. Beri batasan isolasi atau sekotip kertas untuk pembatas tinggi cairan.

Lihat pembatas cairan. Jadi anda bisa langsung masukkan mug kedalamnya tanpa kawatir kurang bawah atau kurang atas. Tetapi selalu perhatikan level cairan jangan terlalu kurang, tambahkan sedikit bila kurang, sebelum memasukkan mug.
Saring cairan ketempat lain yang sudah dipastikan bersih dari debu, setelah pencelupan 20 atau lebih untuk menjaga hasil coating mulus, tidak ada bintik seperti gelembung karena debu, dan kasar. Biasanya terjadi bila mug sebelum dicoating tidak bersih terutama pada bagian bawah mug, lupa dibersihkan dari debu. Menyaring cairan coating juga perlu bila cairan coating akan dipakai setelah penyimpanan beberapa lama.
Cara memasukkan mug kedalam cairan coating yang benar adalah, masukkan secara miring 45 derajat kadalam cairan,  untuk menghindari gelembung dan pada bagian bawah mug bisa tercoating semua. Dan luruskan vertikal setelah sampai pada dasar timba. Setelah itu angkat juga pada posisi miring, sampai tetesan coating sedikit, letakkan pada permukaan koran yang dibawahnya sudah diletakkan plastik agar tidak tembus diatas meja,
Kerjalah pada ruangan yang terbuka, tetapi terlindung dari tiupan angin, karena biasanya debu akan ikutan terbang hinggap pada permukaan mug.
Setelah semua mug selesai di coating, siapkan oven rotinya untuk dipanasi. Bisa juga menyiapkan ketika kita mengerjakan coating, sehingga setelah selesai kita bisa langsung memasukkan mugnya ( cara ini untuk oven roti yang kecil ).
Untuk pemakai oven yang besar, yang volumenya mencapai seratus keatas, setelah selesai coating, mugnya dimasukkan dulu kedalam oven, ditata, baru ditutup dan mulai menghidupkan pemanasnya, setelah 60 menit, atau pada suhu 250 derajat, pemanas dimatikan untu didinginkan, untuk mengambil mugnya keluar. Waktu dan suhu harus disesuai dengan jenis coating yang dipakai, tidak semua jenis coating memerlukan suhu dan waktu yang sama. Cairan coating kami tidak mudah gosong seperti yang sering dikeluhkan beberapa pengguna cairan coating dari produk lain.  Meskipun pada suhu 250 dan waktu yang lebih lama, masih aman2 aja. Dan yang penting, lebih lama, lebih kering pasti lebih kuat.

coating mug

Foto diatas adalah posisi penataan pada oven roti kecil yang memakai listrik. Hasil yang baik pada oven listrik diatas adalah suhu 200 -250 selama 25 menit. Pakailah kaos tangan untuk memasukkan dan mengeluarkan mug dari oven, tangan saya pernah melepuh karena tidak sengaja memegang mug yang baru keluar dari oven.




Satu liter cairan coating plus 1 liter thinner bisa menghasilkan kurang lebih 400 mug standart. Jasa coating  Rp. 1000,- – Rp. 2000,- bahkan ada yang mematok Rp. 4000,- . Kalau 1 mug Rp. 1000,-, berarti 1 liter bisa menghasilkan Rp. 400.000,-  kalau Rp. 2000,- menghasilkan Rp. 800.000,-  belum dipotong ongkos kerja, dan listrik atau LPG. Dan dipotong harga coatingnya sendiri 1 + 1liter Rp. 185.000,- Bila pengambilan lebih dari 20 liter akan mendapat harga murah.

Selamat, anda sudah bisa mengcoating mug sendiri dan semoga bisa menjadikan penghasilan tambahan untuk keluarga.

Bagikan informasi tentang Membuat Coating Mug digital Sendiri kepada teman atau kerabat Anda.

Membuat Coating Mug digital Sendiri | HOMEDIA

Komentar dinonaktifkan: Membuat Coating Mug digital Sendiri

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 30.000
Ready Stock / RDS
SIDEBAR