• Kontak Kami
  • Hotline : 081233039479
  • SMS : 085735119071
  • BBM : DAE4B13C

Kontak Kami

( pcs) Checkout

Beranda » Artikel Terbaru » Kendala Seputar Coating Mug dan Cara Mengatasinya

Kendala Seputar Coating Mug dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 27 Mei 2016 oleh Homedia

Meskipun sudah banyak yang bisa coating mug , tetapi tidak sedikit yang mengerjakannya secara tidak benar. Disadari atau tidak, akibatnya konsumen akan meninggalkan anda ( caoting mug bermasalah). Karena mungkin anda tidak mengetahui bahwa coating mug  anda tidak sempurna. Tidak semua konsumen mengeluhkan hasil pekerjaan anda. Mungkin anda salah satu penerima jasa coating mug, karena anda pertama sudah memakai coating “X” misalnya, anda sudah terbiasa dengan jenis coating tersebut, setelah ada kelainan pada produk coating mug tersebut, atau anda akan mengganti pemasok lain dengan jenis coating yang lain, anda sudah bingung, atau anda akan mengalami kerusakan, kesalahan yang kadang tidak sedikit korban mug yang anda buat. perlu waktu untuk menyesuaikan dengan cairan coating yang baru.

coating mug

Ada dua jenis cairan coating yang ada di pasaran;

1. Cairan coating yang memakai pengeras: Cairan coating ini dijual dengan pengerasnya yang merupakan satu paket. Kelemahan dari cairan coating ini, setelah anda mencampur kedua bahan tersebut, anda harus menghabiskan, tidak boleh disimpan. Karena setelah 2-3 jam cairan tersebut akan mengental, dan tidak bisa dipakai lagi.

2. Cairan coating tanpa pengeras: Cairan coating ini tidak menyertakan pengeras, karena memang tidak membutuhkan. Keuntungan cairan jenis ini, bila dalam pemakaian ada kelebihan, sisa nya bisa anda kembalikan ketempatnya semula dicampurkan dengan cairan coating yang belum dipakai. Cara pakai cairan coating ini hanya mencampurkan Thinner A. Bila anda membeli 1 liter cairan coating, campur dengan Thinner A sebanyak 1 liter atau paling banyak 1,5 liter Thinner A. Aduk perlahan sampai merata, baru bisa dipakai.

Yang dibutuhkan untuk coating mug:

1. Mug yang belum dicoating

2. Cairan coating

3. Timba plastik untuk mencampur cairan coating dengan thinner, juga bisa digunakan untuk mencelup mug.

4. Oven yang bisa mencapai 200 derajat Celcius. Bila pengerjaannya sedikit atau masih baru belajar, bisa memakai oven roti yang memiliki penunjukan suhu, atau setting suhu. Cara memakai oven roti bila memakai pengaturan semi atomatis, tinggal geser putaran menunjuk angka 200 derajat celcius. selama suhu belum mencapai yang diminta, lampu indikator akan menyala, bila lampu indikator sudah tidak menyala, berarti suhu sudah mencapai 200 celcius. Masukkan mug yang sudah dicoating selama 25 menit. Keluarkan, masukkan mug yang lain, setelah 25 menit, keluarkan.

Caranya:

Campur cairan coating sesuai petunjuk diatas, ke dalam timba plastik. ambil secukupnya, sisanya masukkan kedalam botol yang tertutup rapat.

Masukkan mug kedalam cairan coating sebatas 2-3 mm dibawah bibir mug. kerjakan perlahan jangan menimbulkan gelembung. Angkat, letakkan diatas plastik yang agak tebal, atau lebih baik menggunakan kawat stainless yang dianyam.

Selama mencelup, hidupkan ovennya, dengan di setting 200 derajat celcius. meskipun masih basah, mug bisa dimasukkan kedalam oven. sesuai petunjuk diatas.

Jenis kesalahan:

1. Setelah di press dengan alat press panas kertas lengket di mug.Kesalahan: suhu atau waktu pemanasan kurang. Solusi: Tambahkan suhu atau waktunya ditambah.

2. Setelah di oven, permukaan mug berwarna coklat. Kesalahan: Suhu terlalu tinggi, atau waktu terlalau lama. Solusi: kurangi suhu, perpendek waktu pemanasan.

3. Coating tidak tahan lama, mudah mengelupas. Kesalahan: Penambahan Thinner pada cairan coating terlalu banyak. Atau jenis thinner yang dipakai tidak cocok. Solusi: kurangi pemakaian Thinner, sesuaikan dengan yang dianjurkan oleh produsennya.

4. Hasil press, gambar terdapat goresan atau ada bagian gambar yang tidak nampak. Kesalahan: waktu mencelup atau memakai system kuas tidak merata. Solusi: lebih teliti waktu mencelup, kuas, atau semprot.

Mengatasi kegagalan pada saat coating atau kegagalan pada waktu mencetak / press:

Ada tiga cara untuk menghapus gagal coating atau gagal cetak:

1. Memakai Paint Remover: Paint Remover bisa anda peroleh di toko cat terdekat, caranya : lapisi semua permukaan mug mengunakan kuas secara merata dan agak tebal, tunggu 5-10 menit sampai lapisan coatingnya melepuh. Setelah itu semprot dengan air atau siram dengan air yang mengalir sambil digosok dengan spon pencuci piring. Ingat bahwa Paint Remover adalah cairan kimia yang keras, hindari bersentuhan dengan kulit. Bila tersentuh, cepat cuci tangan anda. Spon pencuci piring jangan dipakai untuk mencuci piring lagi, karena pastinya beracun.

2. Memakai Thinner A Special: Siapkan wadah plastik untuk menenpatkan Thinner A, celup beberapa mug yang gagal coating atau gagal cetak, tunggu beberapa menit, sampai coating dan hasil cetaknya luntur, sambil digosok dengan kayu yang ujungnya diberi spon.

3. Memakai oven: Cara ini menurut saya paling praktis. Masukkan mug yang gagal kedalam oven ( bukan oven roti) yang bisa mencapai 600 derajat celcius. setelah mencapai suhu tersebut, hentikan pembakaran. Tunggu sampai suhu turun sampai 200C , oven bisa dibuka. Dan mug anda akan kembali seperti semula sebelum dicoating.

Mungkin ada keluhan atau kesalahan yang lain yang tidak saya sebutkan diatas, anda bisa email melalui direct contact. Pertanyaan anda akan dijawab bila anda memakai cairan coating dari Homedia.web.id




Bagikan informasi tentang Kendala Seputar Coating Mug dan Cara Mengatasinya kepada teman atau kerabat Anda.

Kendala Seputar Coating Mug dan Cara Mengatasinya | HOMEDIA

Komentar dinonaktifkan: Kendala Seputar Coating Mug dan Cara Mengatasinya

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR